D4 Teknologi Laboratorium Medis
OVERVIEW
KURIKULUM
FASILITAS
DOSEN
PROFIL D4 TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS
Prodi DIV Analis Kesehatan (Teknologi Laboratorium Medik) didirikan sesuai dengan ijin Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi pada tanggal 30 Desember 2015 dengan SK Nomor 197/KPT/I/2015. Kemudian pada tahun 2017 Sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Perndidikan Tinggi Nomor 257/M/KPT/2017 tentang nama program studi pada perguruan tinggi salah satunya Program studi Analis Kesehatan berganti menjadi Ahli Teknologi Laboratorium Medis.
Prodi D-IV Analis Kesehatan dengan nama STIKES Megarezky waktu itu tahun 2016 pertama kali menerima mahasiswa baru dengan jumlah peminat 340 orang peminat. Namun intitusi hanya meluluskan 125 orang waktu itu. Animo masyarakat sangat tinggi dengan jurusan ini karena dipandang sebagai program studi yang memiliki masa depan cerah dikarenakan sumber daya manusia atau ATLM saat ini memang masih kurang diseluruh Indonesia. Pada tahun 2017 dengan nama baru D-IV Teknologi laboratorium Medis, peminat pada prodi ini semakin bertambah menjadi 400 orang, namun kuota prodi saat itu adah 160 orang saja.
Pada tahun 2018, animo masyarakat semakin meningkat dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yaitu 640 orang, namun saat ini prodi hanya memiliki kuota sebanyak 240 orang sesai dengan rasio dosen saat itu. Hingga sampai sekarang peminat dari prodi D-IV TLM semakin banyak karena kepercayaan masyarakat bahwa alumni dari Prodi D-IV TLM Universitas Megarezky sudah bekerja diseluruh pelosok Indonesia menjadi ATLM yang hadal dan professional serta menjadi garda terdepan dalam penunjang diagnosis penyakit.
VISI
Menghasilkan Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis yang Unggul di Bidang Pemeriksaan Biologi Molekuler dan mampu berdaya saing pada tahun 2034
MISI
- Menghasilkan lulusan Sarjana Terapan yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri dan berbudaya.
- Menyelenggarakan pendidikan professional dibidang Teknologi Laboratorium medis yang unggul di bidang pemeriksaan biologi molekuler.
- Mengembangkan penelitian terapan di bidang teknologi laboratorium medis khususnya bidang pemeriksaan biologi molekuler
- Melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis Interprofesional Colaboration (IPC)
- Mengembangkan jejaring kerjasama dengan pengguna fasilitas pelayanan Kesehatan, pemangku kepentingan, asosiasi perguruan tinggi dan organisasi profesi baik di dalam maupun diluar negeri.
TUJUAN
- Mewujudkan terciptanya lulusan Sarjana Terapan yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri dan berbudaya.
- Mewujudkan sistem pendidikan professional dibidang Teknologi Laboratorium medis yang unggul di bidang pemeriksaan biologi molekuler.
- Menghasilkan karya penelitian terapan di bidang teknologi laboratorium medis khususnya bidang pemeriksaan biologi molekuler
- Mewujudkan pengabdian masyarakat berbasis Interprofesional Colaboration (IPC)
- Mewujudkan pengembangan jejaring kerjasama dengan pengguna fasilitas pelayanan Kesehatan, pemangku kepentingan, asosiasi perguruan tinggi dan organisasi profesi baik di dalam maupun diluar negeri.
PROFIL LULUSAN
Profil Umum
Pendidikan D-IV Teknologi Laboratorium Medis melaksanakan kegiatan pendidikan yang menghasilkan lulusan Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis yang religius dan berkarakter dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga kesehatan.
Profil Khusus
- Teknisi Penanganan Spesimen
- Teknisi Ahli Uji Spesimen
- Validator Hasil Uji Spesimen
- Penyelia (Supervisor)
- Penerap Ilmiah
DOSEN
Nirmawati Angria,S.Si.,M.Kes.
Ka’bah,S.Si.,M.Kes.
DR. Santi,S.Si.,M.Si.
A.Meryam Susanti, S.Tr.,AK.,M.Imun
Indas Wari Rahman, S.Si.,M.Kes
Ayusti Dirga, S.Si.,M.Sc
Hasnawati,SKM.,M.Kes.
Arlitha Dekayana,S.Si.,M.Kes.
Amirah,S.Si.,M.Kes.
Desyani Ariza, S.Si.,M.Kes.
Syahruni hidayatullah, S.Si.,M.Kes.
Handayani ,S.Si.,M.Kes.
A. Maya Kesrianti, S.Si.,M.Kes.
Risky Nurul Fadlila RN, S.Si.,M.Kes
Nurfitri Arfani, S.Si.,M.Si
Nur Laela Alydrus, S.Si.,M.Kes
A. Ulfa Ferdhyanti, S.Si.,M.Kes.
A. Tenri Silfa Sari Atma, S.Si.,M.Kes.
dr. Pratia Paramita Umar Wahyu, S.Ked.,Sp.PK.,M.Kes
Kasmuddin, S.Si.,M.Kes
Andi Tenri Sanna Ilma Suriaty Abidin, S.KM.,M.Kes
Drs. Bahri Majid
FASILITAS
STRUKTUR KURIKULUM
Semester 1
Mata Kuliah | SKS |
Pendidikan Agama | 2 |
Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
Bahasa Indonesia | 2 |
Bahasa Inggris | 2 |
Pendidikan Pancasila | 2 |
Kimia Analitik | 2 |
Biokimia I | 2 |
Instrumentasi I | 2 |
Anatomi Fisiologi | 2 |
Pengantar Laboratorium Medik | 2 |
Kes &Keselamatan Kerja (K3) | 2 |
Semester 2
Mata Kuliah | SKS |
Biokimia II | 2 |
Instrumentasi II | 2 |
Biologi Medik (ML) | 2 |
Patofisiologi I | 2 |
Biologi Molekuler I (ML) | 2 |
Bakteriologi I | 3 |
Hematologi I | 3 |
Parasitologi I | 2 |
Teknik Sampling dan Flebotomi I | 3 |
Kes & Keselamatan Kerja II |
Semester 3
Mata Kuliah | SKS |
Instrumentasi III | 1 |
Patofisiologi II | 2 |
Biologi Molekuler II (ML) | 3 |
Bakteriologi II | 3 |
Kimia Klinik I | 3 |
Imunoserologi I | 3 |
Hematologi II | 3 |
Analisis Kimia Air,Makanan & Minuman I | 2 |
Parasitologi II | 2 |
Teknik Sampling & Flebotomi II | 1 |
Semester 4
Mata Kuliah | SKS |
Biologi Molekuler III (ML) | 3 |
Bakteriologi III | 3 |
Kimia Klinik II | 3 |
Imunoserologi II | 3 |
Hematologi III | 3 |
Toksikologi Klinik | 3 |
Analisis Kimia Air, Makanan & Minuman II | 2 |
IKM & Promosi Kesehatan | 2 |
Semester 5
Mata Kuliah | SKS |
Bioteknologi (ML) | 3 |
Kimia Klinik III | 3 |
Virologi | 2 |
Sitohistoteknologi | 3 |
Imunhematologi & Bank darah | 3 |
Mikologi | 3 |
Epidemiologi | 2 |
Semester 6
Mata Kuliah | SKS |
Histokimia & Imunohistokimia (ML) | 2 |
Manajemen Laboratorium | 3 |
QC dan Validasi Metode | 2 |
Sistem Manajemen Mutu | 2 |
Sistem Informasi laboratorium Kesehatan (SILK) | 2 |
Kewirausahaan | 2 |
Pengendalian Penyakit Tropis (ML) | 2 |
PBL I (ML) | 2 |
Semester 7
Mata Kuliah | SKS |
Etika Profesi &Hukum Kesehatan | 2 |
Metodologi Penelitian Kesehatan | 3 |
Statistik Kesehatan | 3 |
Komunikasi | 2 |
Kapita Selekta (ML) | 2 |
PBL II (ML) | 2 |
Semester 8
Mata Kuliah | SKS |
PKL | 6 |
PKMD | 2 |
Skripsi | 4 |